Bisnis adalah membangun “TRUST”

6 12 2007

Teman2 TDA ..

Bisnis adalah “Trust”, sebuah perjalanan panjang .. tulisan ini saya angkat dari pengalaman perjalanan Mahkotadewa …

Building “trust” sangat susah … sekali tergelincir maka jangan harap kita akan memperoleh kepercayaan dari pelanggan …

Kadang kita membangun trust melalui persahabatan dan akhirnya bisa kearah kerjasama dan usaha bersama …

Dimulai tahun 2000, saat saya iseng belanja kamera disebuah toko di Ambasador, saya berkenalan dengan pemilik toko yang masih muda dan karena sering mampir akhirnya kami bersahabat erat, sering makan/ngopi bareng … oleh karena itu saya sering menyebut Mal Ambasador ini Markas Besar kami ..

Trust diantara kami berkembang dengan saling merekomendasikan masing2 produk [ dia berjualan Handycam/Kamera dan asesori komputer, sekarang punya 10 jaringan Toko] dan menceritakan perjalanan bisnis masing2, sahabat saya ini [namakan saja A, seorang Non-Pri dari Pontianak] juga mulai dari TDB yang sukses tapi mulai TDA [tahun 1998] dari level bawah sekali, menjual office supplies, kertas fotocopy yang dipotong, dibungkus, diantar, digotong sendiri ke client nya… ketulusan hatinya lah yang membuat orang percaya sehingga dia bisa berkembang seperti sekarang dipercaya beberapa vendor besar [a/l Kodak, Panasonic/Sony] untuk mendistribusikan barang.

Saat saya mau membuka outlet kami di Ambasador, teman saya ini yang dengan tulusnya menalangi dulu semua biaya, saya disuruh nyicil saja tanpa bunga.

Saat saya mau mengembangkan usaha ke area Jakarta Selatan, teman saya ini menawarkan kiosnya miliknya di POINS dengan sewa sesuka saya bayarnya dan waktu tak terbatas … waktu berjalan, bulan Agustus lalu saat saya ingin mencari lokasi kios baru di Ambas karena yang punya sebelumnya tidak mau diperpanjang … secara tidak terduga teman saya ini ngajak saya kelantai dasar dan menunjukan suatu kios yang strategis, lha saya agak bingung … ini kios siapa?, berapa sewanya … dia enteng saja menjawab, “Punya saya, baru beli, tadinya mau disewa teman tapi kalau bapak mau pakai ya silahkan saja”, saya sempat tertegun tidak bisa berkata-kata … Akhirnya September lalu kios itu saya pakai …

Satu bulan lalu kami merencanakan suatu join bisnis online, diharapkan dalam waktu dekat akan mulai … dibisnis ini ada kepemilikan bersama … dengan dilandasi “trust” kedua belah pihak, Insya Allah bisa berjalan .. tunggu tanggal mainnya …

Selain hal diatas, saya membina hubungan dengan beberapa komunitas bisnis [HP/Komputer dsb] di Mal tersebut … mereka membantu penyebaran informasi usaha saya dan saya merekomendasikan usaha mereka …

Sahabatku di TDA, pendekatan saya dan istri memang punya jalur yang berbeda tetapi arah yang sama, ibaratnya rel kereta api, sejalan, tidak bersilangan, tetapi keduanya dibutuhkan untuk jalannya kereta api selamat sampai tujuan … dan ini juga dilandasi dengan trust …

Jagalah kepercayaan customer anda, rekan kerja anda, sahabat anda dan siapa saja anda sering berinteraksi … kemajuan kita bisa datang darimana saja … dan buah perjalanan akan terasa manis …

Selamat berbisnis dengan benar dan tepat …


Actions

Information

Leave a Reply

