Pelajaran dari sejarah Cina

25 12 2007

Membandingkan 2 tokoh besar Cina dijaman dulu sungguh mengasyikan … Sun Tzu dan Cukat Liang atau Khong Beng … 2 tokoh yang hidup dijaman berbeda dan sering melakukan pendekatan yang berbeda .., keduanya berlatar belakang militer, ahli strategi, Sun Tzu dikenal lahir dari keluarga miiter terkenal lahir tahun 544 BC, sedangkan Khong Beng yang hidup sekitar akhir abad ke 2 dijaman Tiga Negara “Sam Kok” justru dari kalangan pemikir yang kemudian menjadi Perdana Mentri [satu dari 6 perdana menteri Cina yang TOP] dengan julukan keren, “Naga Tidur”.
Nama Sun Tzu jauh lebih terkenal dari Khong Beng, tetapi untuk sebagian orang justru cara Khong Beng lebih disukai .. kenapa demikian …
Kalau diihat cara mereka menangani masalah, Sun Tzu cenderung melakukan dengan cara strategi militer seperti diterjemahkan dari “Art of War” nya, bagaimana menerapkan  
“principle for using forces”, “military methods”, “army procedures” dan beberapa lagi … menerapkan keunggulan strategi bisnis dan dari bukunya ini ternyata sangat cocok dengan metode yang diterapkan oleh umumnya negara Barat sehingga gampang memahaminya nah jadilah gaya Sun Tzu merasuk kesetiap ruang pikiran orang bahwa “Business is War” hehehehe, lihat saja contohnya Perusahaan Komputer no 2 didunia tahun 1980an adalah DEC [Digital Equipment Corporation], saat itu dengan pongahnya Ken Olsen, sang founder bilang bahwa PC tidak akan lama hidupnya .. eh yang terjadi 16 tahun kemudian ternyata Compaq yang dikenal awalnya sebagai pembuat PC IBM Clone malah melibas DEC walau akhirnya HP pun dari belakang mengambil alih Compaq … ini contoh yang tepat seperti kata pepatah biarkan musuh-musuh kita bertempur setelah kelelahan baru kita hajar dan mencaploknya, be the winner … wah asyik kan .. tapi kita ya harus waspada dengan musuh baru .. ini salah satu ciri Sun Tzu [menurut saya lho] karena pemenang itu cuma yang no 1 yang diingat orang, jadi no 2 sih nggak bakalan diingat orang [anehnya target team olah raga kita biasanya mendali perak atau perunggu ya].
Bagaimana dengan mbah Khong Beng … lha dia ini mainnya ciamik tenan, gimana caranya menaklukan musuh ter”ngeyel”nya menjadi pengikut setia … weleeeh … sampai 6 kali tertangkap dilepas lagi akhirnya ya takluk benar, mengabdi dan menjaga wilayah .. mbah Khong Beng punya keuntungan tidak usah parkir prajurit diwilayah itu dan bisa konsentrasi kearea lain.
Mbah satu ini lebih menonjolkan “Brand Image”, sampai sudah matipun ya mayatnya masih ditakuti musuhnya .. hebat khan …. cara ini umumnya dilakukan ditimur, walau sekarang banyak orang barat ikutan .. kolaborasi, franchise dan sebagainya … kerjasama gitu lah gampangnya … nggak ditangani sendiri … capeek broo … apalagi kalau modal cekak …
Mana yang mau kita pilih buat ngembangin bisnis kita?, cara Opa Sun Tzu atau kiatnya mbah Khong Beng atau kita kombinasikan?, nah ini dia PR kita … ayoook kerjain PR .


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: