Cerita orang buta …

26 12 2007

Buat teman-teman di TDA Joglo yang mau buat plan 2008

 Melakukan suatu usaha yang itu-itu saja dan berulang seringkali membuat kita berada dalam “comfort zone”, sudah puas .. nggak usah macem-macem deh .. gini juga sudah cukup kok, buat apa pusing.
Perubahan sekecil apapun akan membuat perasaan tidak nyaman, kita seperti orang buta yang karena kebiasaan sudah tidak perlu petunjuk apapun dalam melangkah, ada sandungan sedikit sudah goyah … tapi tunggu dulu … ada cerita sedikit mengenai orang yang buta ….
Ada seorang buta yang hidup sendiri didesanya, baginya tiada beda siang atau malam kalau menuju kesuatu tempat [lha wong buta kok bisa membedakan siang/malam], sampai suatu ketika saat sedang berjalan dikegelapan dia tertabrak dengan seseorang yang sedang berdiri ditepi jalan. Rang tersebut menegur teman kita ini, katanya “Mas, kalau jalan malam itu mbok ya bawa lentera  atau senter, biar orang tahu kalau anda lewat jadi bisa kasih jalan” … wah teguran ini menimbulkan inspirasi baru … “aku mesti bawa lentera atau senter kalau jalan malam” itu yang terpikir dalam benak mas kita yang buta.
Esoknya dia minta temannya agar dibelikan senter, lalu malamnya dengan perasaan mantab dan percaya diri seperti baru ikutan seminar pencerahan dari pakar, dia jalan bawa senter dengan harapan nggak nabrak orang lagi … wealaah kok ya nabrak lagi .. orang yang sama juga, dipojokan yang sama  … orang ini kembali menegur mas kita ini “Piye tah mas, sudah dibilang bawa senter kok nggak manut sih”, mas kita ini agak tersinggung … “Lha sampeyan nggak lihat ini ada senter ditangganku”, sambil marah-marah menunjukan senternya … ooh … ternyata senter itu tidak dihidupkan …
Ilustrasi diatas sering kita alami, melihat pengalaman orang lain dan menerapkan dalam usaha kita tanpa tahu apa sih “rahasia” kesuksesan yang bersangkutan … apa yang menyebabkan bisnis orang itu bisa “on” sedangkan bisnis kita tetap “off”, yah kita ibarat orang buta yang tidak bisa membedakan fungsi dari senter …
Carilah suatu pembeda sehingga orang lain “buta” terhadap produk anda, distribusi atau layanan anda sehingga anda bisa jalan jauh dimuka pesaing anda yang masih meraba dalam kegelapan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: